Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Bandung

0
28
tugu-titik-KM-0-bandung
Tugu titik km 0 Bandung. Foto : IG aydiys

Tempat wisata di Alun-alun Bandung – Alun-alun Bandung beberapa tahun terakhir menjadi magnet bagi para wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun dari daerah lain, karena murah indah serta bisa berwisata bersama keluarga. Selain itu disekitar kawasan alun-alun Bandung dipercantik sehingga memanjakan para wisatawan. Di dekat Alun-alun pun terdapat tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke Alun-alun Bandung. Dimana saja tempat wisata dekat Alun-alun Bandung ?

Dalem Kaum Bandung

Di selatan Alun-alun Bandung ada dalem kaum bandung disini terdapat wisata belanja khusunya fashion harga bevariasi ada yang emperan ada juga yang harga toko, selain wisata belanja yang ada di Dalem Kaum disini juga terdapat makam Bupati Raden Adipati Wiranatakusumah II, Bupati Kabupaten Bandung yang ke-6 orang yang berjasa mendirikan Kota Bandung.

dalem-kaum-bandung-bucek_denk
Dalem Kaum Bandung di malam hari. Foto IG bucek_denk

Palestina Walk

Palestina Walk merupakan spot baru yang berada di jl Alun-alun Timur sebagai dukungan masyarakat Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan takyat Palestina.

Palestina Walk resmi dibuka pada tanggal 13 Oktober 2018 oleh menteri luar negri Indonesia Retno LP Marsudi didampingi Menlu Palestina Riad Malki dan Wali Kota Bandung Oded M Danial.

palestine-walk-bandung-zaidanphotography
Palestine Walk Bandung. Foto : IG zaidanphotography

Tugu Asia Afrika

Tugu Asia Afrika atau dikenal juga dengan nama monumen solidaritas Asia Afrika terletak di timur laut Alun-alaun atau di pertigaan jalan Asia Afrika dengan jalan Alun-alun timur. Monumen ini diresmikan oleh bapak Presiden RI Jokowi pada tanggal 24 April 2015 yang di dampingi oleh PM Malaysia Najib Razak, dan sejumlah pemimpin Asia Afrika lainnya.

Tugu Asia Afrika berbentuk bola dunia, serta dibawahnya terdapat nama-nama negara peserta konfrensi Asia Afrika.

Jalan Braga

Jalan Braga Bandung merupakan jalan yang terdapat di sebelah timur alun-alun Bandung, di jalan Braga terdapat bangunan-bangunan tua dengan desain art deco dan merupakan wisata kota tua di Bandung, selain bangunan tua yang menjadi daya tarik wisatawan di Braga juga terdapat banyak wisata kuliner, tiap sabtu malam juga biasa diadakan car free night.

Nama Braga sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu “baraga” yang mempunyai arti jalan ditepi sungai. karena jalan Braga memang berdampingan ditepian sungai Cikapundung.

jalan-braga
Jalan Braga waktu sepi. Foto : IG evan.indigo

Gedung Denis

Gedung Denis merupakan salah satu bangunan art deco peninggalan Belanda, Gedung yang dibangun pada tahun 1936 oleh arsitek Albert Aalbers sekarang menjad gedung bank BJB.

Gedung ini terletak di jalan Braga no 14. DENIS adalah singkatan dari NV. DEerste Nederlandsch-Indische Spaarkas (PT. Bank Tabungan Hindia Belanda Pertama)

Gedung Denis Bandung
Gedung Denis di Jalan Braga Bandung, foto credit : Diref Faslab

Gedung De Majestic

Gedung Majestic merupakan bangunan bekas bioskop pertama di Bandung, Gedung karya karya arsitek W. Schoemake ini berada di dekat gedung Merdeka atau di seberang gedung Denis

de-majestic-bandung
Gedung De Majestic. Foto : IG melatiinggah_nature

Cikapundung River Spot

Cikapundung River spot merupakan ruang terbuka yang terdapat di jalan Cikapundung Timur, ruang terbuka yang cantik ini memiliki gaya penataan Eropa, terdapat bangku bangku berwarna merah dan pot besar, Di tengah Cikapundung River Spot terdapat air mancur dengan diameter 2 meter air mancur ini semakin indah karena menari-ketiaka malam hari, air mancur itu akan menyala dan dihiasi lampu warna-warni.

Cikapundung River spot dahulunya merupakan tempat parkir yang disulap menjadi indah jelang konfrensi Asia Afrika pada tahun 2015. Di sekitaran Cikapundung Riverspot suka dijadikan tempt pertunjukan musik diiringi dengan bazar makanan.

Cikapundung-Riverspot-bandung
Cikapundung Riverspot pada malam hari. Foto : IG cleanaction

Gedung Merdeka

Gedung Merdeka adalah gedung bersejarah yang pernah menjadi tempat Konfrensi Tingkat Tinggi Asia Afrika pada tahun 1955, saat ini gedung Merdeka dijadikan museum, didalam gedungnya memamerkan berbagai benda koleksi dan foto KAA yang menjadi cikal bakal gerakan Non Blok.

gedung merdeka
Gedung Merddeka Bandung. Foto : IG arief_praso09

Tugu Titik 0 Bandung

Tugu titik 0 Bandung adalah pusatnya kota Bandung, tugu ini berada di jl. Asia Afrika tepatnya berada di depan kantor Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Herman Willem Daendels Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36 orang yang melatarbelakangi penempatan titik 0 kota Bandung ini.

tugu-titik-KM-0-bandung
Tugu titik km 0 Bandung. Foto : IG aydiys

Masjid Al-Imtizaj

Masjid Al-Imtizaj adalan masjid unik yang brarsitek budaya Tionghoa. Masjid ini berada di jalan ABC no 8 sebelah utara Alun-alun Bandung.

Sepintas masjid ini seperti klenteng tetapi jika kita melihat tulisan di depan bangunannya baru kita tahu ini adalah masjid.

Masjid-Al-Imtizaj-Bandung
Masjid Al-Imtizaj Bandung. Foto : IG elsa_ez19

Monumen Penjara Sukarno Banceuy

Tidak Jauh dari masjid Al-Imtizaj terdapat Monumen Penjara Banceuy. Disini kita bisa mengenang presiden pertama RI dijebloskan kedalam penjara oleh Belanda dengan tuduhan akan melakukan pemberontakan bersenjata dan mengorganisasi kekuatan lewat PNI.

Monumen Penjara Sukarno Banceuy
Monumen Penjara Sukarno Banceuy. foto : myeatandtravelstory.wordpress.com

Wisata Foto Superhero

Bagi yang mau berfoto dengan super hero seperti Iron Man, Batman, tokoh tokoh kartun seperti Doraemon, Rapunzel sampai pocong ada disini. Mereka berjajar di sekitaran gedung Merdeka.

Gedung Pos

Gedung Pos Bandung adalah salah satu gedung peninggalan kolonial Belanda dibangun pada tahun 1863 yang dari sejak dulu tidak pernah berubah fungsi yaitu sebagai kantor Pos.

Bangunan yang berada di jalan Asia Afrika 49 ini bergaya art deco geometric dengan paduan atap bergaya tropis. Pada atap ujung kanan dan kirinya terdapat hiasan berbahan logam.

gedung-kantor-pos-besar-bandung
Gedung Kantor Pos Besar Bandung. Foto : kemdikbud.go.id

Hotel Savoy Homann

Hotel Savoy Homan merupakan salah satu hotel yang sarat akan sejarah, dengan desaian bangunan bergelombang bergaya art deco. Dengan lokasinya yang dekat dengan gedung Merdeka Bandung hotel yang berada di jalan Asia-Afrika 112 pada saat Konfrensi Asia Afrika tahun 1955 menjadi tempat menginap tamu-tamu penting seperti Presiden RI pertama Soekarno Ho Chi Minh dan Tito.

hotel-savoy-homan-bandung

Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama adalah warung kopi legendaris di Kota Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1930an. Warung Kopi Purnama tidak seperti coffee shop masa kini, disini kita bisa menikmati suasana heritage.

Warung Kopi Purnama berlokasi di jalan Alkateri mempunyai menu beberapa menu andalan diantaranya kopi susu dan roti selai srikaya yang diolah sendiri.

Warung-Kopi-Purnama
Warung Kopi Purnama Bandung

Nah itu beberapa tempat rekomendasi yang ada di sekitar alun-alun Bandung, selamat berliburan dan hunting tempat-tempat wisata di Bandung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here